Mendag Zulhas Lepas Ekspor Karet-Biji Pinang Jambi ke Meksiko-Bangladesh

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melepas ekspor komoditas pertanian unggulan di Pelabuhan Talang Duku, Jambi. Zulhas mengatakan komoditas itu terus didukung agar menjadi komoditas besar penopang ekonomi nasional.

Mendag Zulhas Lepas Ekspor Karet-Biji Pinang Jambi ke Meksiko-Bangladesh

Adapun komoditas pertanian tersebut di antaranya, karet, kopra kering, ijuk kelapa dan biji pinang. Komoditas pertanian unggulan di Jambi tersebut kini diekspor ke berbagai negara dan menjadi produk unggulan Indonesia di pasar internasional.

“Selain karet dan kelapa, pinang merupakan produk unggulan Indonesia di pasar internasional. Indonesia produsen ke-5 dunia dengan total produksi mencapai 215.000 metrik ton pada tahun 2021,” ungkap Zulhas di Jambi, Sabtu (23/9/2023).

Selain itu, kata dia, Jambi merupakan salah satu provinsi yang memiliki area yang baik untuk tanaman pinang. Pasalnya, Jambi jadi sentra produksi pinang yang menyumbang hampir 40% produksi nasional.

“Sebanyak 14 provinsi yang memiliki area yang baik untuk tanaman pinang, di antaranya Jambi, Sumatera Utara, dan Aceh, dengan total luas area di seluruh Indonesia mencapai 152 ribu Ha. Provinsi Jambi menjadi sentra produksi pinang yang menyumbang hampir 40% produksi nasional,” jelasnya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut Zulhas mengucapkan selamat dan memberi apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para eksportir. Tak lupa ia juga mengucapkan terima kepada Gubernu Jambi Al Haris.

“Ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi Karena apa? Karena berturut-turut 40 bulan lebih Kita ekspornya surplus. Bahkan tahun 2022 ekspor kita surplus tertinggi dalam sejarah. Salah satu penyumbang surplus terbesar adalah Provinsi Jambi, ” jelas Zulhas.

Sebagai informasi berikut para eksportir komoditas pertanian unggulan di Jambi hari ini:

1. PT. Kirana Windu yang mengekspor produk Karet dengan jumlah 80 pallet atau 5 container yang senilai US$ 80 ribu dengan negara tujuan ekspor Meksiko.
2. CV Rayeez Agro Albasith yang pada hari ini mengekspor Kopra Kering dengan jumlah 24.300 Ton senilai US$ 24.786 ke Pakistan.
3. PT Blantika Indo Global yang mengekspor komoditas Ijuk Kelapa sejumlah 26 Ton senilai US$ 14.300 ke India.
4. PT Agro Future Indonesia yang mengekspor Biji Pinang ke Bangladesh sebanyak 18 Ton dengan nilai US$ 16.970.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *